Queen Of Qolbu

Semua tentang Hati, Pikiran dan Kenyataan.

Sejarah Facebook dan Zuckerberg

faceFacebook diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya. Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook. Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook. Pada September 2005 Facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., Facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 Facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail. Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar. Tidak ada situs jejaring sosial lain yang mampu menandingi daya tarik Facebook terhadap user. Pada tahun 2007, terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Rata-rata user menghabiskan waktu sekitar 19 menit perhari untuk melakukan berbagai aktifitas di Facebook.

artikel lengkapnya dalam bahasa inggris klik di sini

Mark Zuckerberg

Mark  memang mahasiswa yang luar biasa. Nakal tetapi punya banyak ide kreatif. Ia sempat dihukum petinggi kampus lantaran membuat situs yang menilai penampilan fisik mahasiswa Harvard. Tetapi itu tidak membuat kreativitas Mark surut, apalagi mati. Tiga bulan setelah hukuman, dia malah sukses menciptakan situs yang kini sangat mendunia, Facebook.

Dia punya nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Lahir di Dobbs Ferry, New York pada tanggal 14 Mei 1984. Mark dikenal sebagai seorang programmer muda super inovatif. Facebook, yang merupakan situs jejaring sosial, hanyalah salah satu lecutan Mark yang diciptakan semasa duduk di bangku kuliah. Inilah karya yang melambungkan nama, juga pundi-pundinya.

Sebelum kuliah di Harvard, Mark bersekolah di Ardsley High School, New York tahun 1998 sampai 2000. Belum tuntas sekolahnya di situ, ia pindah ke Phillips Exeter Academy. Di sekolah ini akhirnya ia menyelesaikan SMA-nya, tahun 2002.

Kreativitas Mark Zuckenberg memang sudah sudah menonjol sejak remaja. Saat duduk di Sekolah Menengah Atas, dia pernah membuat Synapse, sebuah program perekomendasi musik. Software bernama Wirehog, aplikasi peer to peer alias yang menghubungkan antar komputer via jaringan internet, juga pernah ia buat.

56822_mark_zuckerberg_di_depan_komp1Mark pernah pula ditawari pekerjaan oleh Microsoft dan AOL. Padahal waktu itu Mark belum lagi menyelesaikan studinya di Phillips Exeter. Tawaran dua perusahaan raksasa itu datang gara-gara proyek hacking yang digarapnya sukses besar. Hebatnya, Mark tidak seujung kukupun tergiur.

Alih-alih menerima pinangan dua perusahaan — yang banyak diimpikan oleh lulusan universitas di seantero negeri Paman Sam itu — Mark malah masuk jurusan psikologi Harvard University. Jurusan yang sama sekali jauh dari kegemarannya mengutak-atik komputer.

Kuliah di Psikologi, tapi di Harvard Mark menjadi aktivis Alpha Epsilon Pi, sebuah kelompok yang gemar membuat program komputer. Proyek perdananya adalah Coursematch. Ini adalah situs khusus di mana para mahasiswa bisa mengintip daftar mahasiswa yang mengambil kelas tertentu. Situs ini menarik banyak mahasiswa-mahasiswi yang ingin mencari pasangan.

Proyek lainnya, yakni Facemash.com. Ini situs khusus yang memberi rating foto siswa-siswi Harvard. Situs ini serupa dengan Hot or Not (www.hotornot.com). Petinggi Harvard yang meradang bukan kepalang membredel situs itu. Facemash akhirnya termasuk situs yang umurnya paling pendek di dunia: cuma empat jam. Rapat petinggi Harvard akhirnya memutuskan: Mark Zuckerberg dihukum.

Tapi tiga bulan setelah hukuman itu, pada 4 Februari 2004, Mark meluncurkan Facebook dari asramanya di Harvard. Sambutannya ternyata luar biasa. Situs itu sukses besar. Lima belas hari setelah diluncurkan, lebih dari duapertiga siswa Harvard mendaftarkan diri di Facebook.

Sebagian dikutip dari  http://uchyha.co.cc/sejarah-facebook/

Filed under: Internet, , , ,

2 Responses

  1. Keberuntungan, kadang datang dari arah yang tidak diduga sama sekali. Dan sering berliku-liku. Blog yang bagus.

  2. asmarini says:

    Jadi terinspirasi,,walaupun terkena hukuman jangan dijadikan sebagai intimidasi,,tapi jadikanlah sebagai cambukan semaangat,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: