Queen Of Qolbu

Semua tentang Hati, Pikiran dan Kenyataan.

Tips Sehat Puasa Ramadhan

ramadhaniscomingMau asyik menjalankan puasa!? ne dia tips2-nya. Mulai dari niat, aktifitas, sampai menu-menu sahur dan berbuka puasa.

So…. let’s check it out:

Niat berpuasa

Untuk berpuasa dibutuhkan motivasi yang kuat untuk mengerjakannya, maka dari itu berniatlah puasa dengan sungguh-sungguh untuk bisa menikmati jalannya puasa anda. Ikhlas menjalankan karena mengharapkan ridha semata adalah kuncinya, selain itu banyak hikmah puasa yang akan bisa kita ambil di bulan suci ramadhan ini (ref: hikmah-hikmah ramadhan).

Aktivitas berpuasa

  1. Bangunlah sepertiga malam untuk sahur, karena telah disunnahkan untuk mengakhirkan sahur.
  2. Setelah sahur jangan lupa sikat gigi, untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anda.
  3. Jangan tidur setelah sahur (tidak baik tidur setelah makan), lanjutkan dengan qiyamullail (shalat tahajjud, dsb) bagi yang belum shalat witir tentunya. Karena shalat witir adalah penutup shalat malam, dianjurkan setelah selesai shalat tarawih jangan witir dulu, supaya nantinya bisa qiyamullail. Bagi yang sudah terlanjur witir, isi waktu dengan tadarusan sampai imsak tiba. Eits…jangan lupa sediakan air putih disamping anda, jadi kalau waktu sudah menandakan imsak segera tiba, segera minum air tersebut…hehe, lumayan kan….haus tuh abis tadarusan/qiyamullail.
  4. Shalat subuh ke masjid terdekat, kemudian lanjutkan tadarusan dan jalan santai/relaksasi sambil menghirup udara pagi yang segar sampai waktu dhuha, lanjutkan dengan mandi pagi dan sikat gigi (lagi….) biar suegeRrrr,….
  5. Dhuha  s/d sekitar jam 10  diisi dengan kegiatan afektif (silaturahmi, mencari data ataupun mengevaluasi diri).
  6. 10 WIB s/d Dhuhur diisi dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian.
  7. Sholat Dhuhur lengkap dengan sunnah rawatib.
  8. Ba’da Dhuhur s/d Asar untuk melakukan aktivitas kognitif (pekerjaan yang mengutamakan kecerdasan), lanjutkan dengan mandi secukupnya, jangan berlebiha dan jangan sikat gigi…takut puasanya makruh.
  9. Asar s/d Maghrib digunakan untuk kegiatan yang memerlukan kebijaksanaan (menegur anak, memperingatkan staf dikantor atau saling menasehati).
  10. Waktu berbuka awali dengan yang manis dan minum air putih secukupnya dilanjutkan shalat magrib, kemudian setelah shalat magrib lanjutkan dengan makan malam (makan inti).
  11. Setelah selesai makan malam lanjutkan dengan sikat gigi (atau sekalian aja mandi) untuk bersipa-siap shalat tarawih.  Setelah shalat tarawih dianjurkan untuk shalat tarawihnya tidak dilanjutkan dengan shalat witir, supaya bisa qiyamullail nantinya pada saat setelah sahur.
  12. Setelah shalat tarawih lanjutkan dengan tadarus dan usahakan kurangi aktifitas atau langsung tidur.
  13. Bangun sepertiga malam, minumlah air putih 2 gelas (400 cc), lanjutkan dengan sahur.

Menu sahur

  1. Sebelum makan sahur minum setengah gelas minuman dengan PH sedikit asam (sari jeruk, anggur, apel, nanas, yoghurt, dsb).
  2. Makan sahur dimulai dengan menu daing, ikan, atau telur dilanjutkan dengan nasi, sayur, dan buah. Ditutup dengan secangkir kopi atau teh.
  3. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, karena kalau kebanyakan maka akan memacu produksi insulin pada darah sehingga tubuh jadi lesu.

Menu berbuka puasa

  1. Persiapkan menu berbuka bersama-sama, untuk mengukuhkan tali silaturrahmi dan kebersamaan.
  2. Segerakan berbuka, karena disunnahkan mengawalkan berbuka.
  3. Awali dengan yang manis, menurut beberapa hadits disunnahkan menggunakan makanan yang belum dimasak (tersentuh api), seperti buah-buahan (kurma, dll).
  4. Lanjutkan dengan minum air putih untuk netralisasi perut.
  5. Menu makan inti: dahulukan daging, ikan, telur, tahu, tempe, baru nasi, sayur, dan buah. Tutup dengan secangkir teh.
  6. Minuman dingin sajikanlah setelah sahalat tarawih.

Sekian dari queenqolbu, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.

“Kalaulah seandainya kaum muslimin tahu apa yang ada di dalam Ramadhan, niscaya umatku akan berangan-angan agar satu tahun Ramadhan seluruhnya. Sesungguhnya surga dihiasi untuk Ramadhan dari awal tahun kepada tahun berikutnya…”(HR. Ibnu Khuzaimah)

Filed under: Realita, , , , , , , , , , , ,

2 Responses

  1. Informasi sangat menarik sukses trus ngeblognya bro dan selalu sajikan informasi terbaru ya…Cara Menjaga Kesehatan Gigi

  2. Hurrah! Finally I got a web site from where I know
    how to truly get helpful facts concerning my
    study and knowledge.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: